Rss Feed
  1. DIY Air Gas Balloon

    Minggu, 11 Oktober 2015

    Oleh: Evita Buyung K (Member Rumah Main Anak 1)
    Nama Anak: Zahra (30 bulan)

    Assalamualaikum Wr. Wb. Pada kesempatan kali ini, sy berterima kasih sekali karena sudah diberi kesempatan share kegiatan bermain Zahra dan sekaligus memohon maaf baru sempat mengirimnya sekaang, dikarenakan ada berbagai hal.. :)

    Munculnya ide membuat permainan ini, awalnya untuk mengisi jadwal tema bermain bulanan Zahra tentang pengenalan udara dan air. Ya tema bermain! Maksudnya disini, sy secara khusus membuatkan tema bermain bulanan bagi kegiatan homeschooling Zahra. Dimana tema ini kami diskusikan dulu sebelumnya (antara sy, ayahnya dan Zahra sendiri tentunya bisa request ingin lebih “tahu” tentang apa baru bisa dipilih tema yang sesuai ) pemilihan setiap bulanannya hingga tersusun jadwal perermainan apa saja yg dapat dilakukan untuk dapat mengeksplore setiap tahapanan perkembangannya, dibidang motorik kasar, motorik halus, dll.

    Alat dan Bahan :

    - Kardus bekas
    - Plastik / kresek
    - Tali
    - Boneka

    Cara Membuat :

    - Gunting dan bentuk pola kardus menyerupai bak balon udara, sesuai kreasi bersama anak
    - Bolongi ujung bagian kanan-kiri, masukkan tali lalu kaitkan plastic / kresek ditengahnya
    - Untuk efek mengembang pada balon, bisa gunakan api dari lilin, tujuannya sebagai pengisi udara di dalam plastic/kresek *dilakukan oleh ortudengan hati-hati karena mudah terbakar
    - Setelah plastic/kresek bisa mengembang, gantungkan tali di atas dan masukkan boneka. Siap dimainkan seolah-olah balon bisa terbang ke udara.

    Tujuan Kegiatan :

    - Melatih motorik halus pada anak, dengan membantu menggunting, menempel dan menghias kardus
    - Mengenalkan konsep udara melalui media DIY balon udara
    - Melatih dan mengembangkan kreativitas dan imajinasi anakdengan pretend play.

    Demikian cerita salah satu kegiatan bermain Zahra, semoga dapat bermanfaat bagi yang membaca dan ingin mencoba bermain di rumah bersama putra-putri tercinta. :)

    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.





  2. 0 komentar:

    Posting Komentar